のページ

about my blog ..

( MOSHIMOSHI ) もしもし ( IRASSHAIMASE ) いらっしゃいませ

Jumat, 27 Januari 2012

kepribadian seorang anak ->> psikologi



Psikologi ..
menurut gue ini adalah suatu hal yang menarik ..
karna yang gue tau psikologi anak itu mempelajari tentang kepribadian seorang anak ..




dan kalo mempelajari tentang kepribadian seorang anak , otomatis tujuannya adalah membentuk karakter anak menjadi lebih baik , mengetahui apa yang mereka rasakan dan mereka inginkan sebenarnya  ..
kalo guru jurusan psikologi di sekolah itu di sebutnya guru BP / BK ..
yang menangani masalah anak - anak ..

ini menurut pengamatan , pengalaman , dan menurut apa yang pernah gue baca tentang kepribadian seorang anak ..

Kepribadian seorang anak :
1) kepribadian seorang anak itu pada dasarnya terbentuk dari keluarga ..
dengan bagaimana cara orang tua mereka mengenali diri si anak , dan mengawasi perkembangan sih anak mereka sendiri ..
pengawasan , pengertian untuk sih anak sangat diperlukan untuk perkembangan mental sih anak yang tengah mencari jati diri menuju tahapan kedewasaan ..
jadi , secara rinci peranan orang tua terhadap kepribadian seorang anak itu sangat utama . Karna mengingat waktu seorang anak itu lebih banyak di rumah , dilingkungan keluarga .
jadi , disinilah kepribadian mereka mulai terbentuk . mereka merasakan apa yang mereka rasakan , maksudnya orang tua yang sibuk akan membuat sih anak merasa kesepian dan mencari jalan untuk mendapatkan kebahagiaan diluar sana .
orang tua yang sibuk yang tidak sempat memberikan pengawasan serta menunjukkan kasih sayang mereka terhadap sih anak akan membuat pemikiran sih anak menjadi berpikiran bahwa kehidupannya di dalam keluarga sangatlah sepi , dan anak yang merasa kesepian karna kesibukan orang tuanya dia akan lebih senang berada lama di luar rumah , seperti bergaul bersama teman sebayanya ..

karna setiap anak juga mempunyai kepribadian yang berbeda-beda , kadang orang tua sulit untuk memahami kepribadian sih anak , untuk dapat memahami kepribadian sih anak tidak mudah karena kepribadian merupakan masalah yang kompleks ..

orang tua yang sibuk sulit untuk mengerti kepribadian sih anak , karna jarangnya ada waktu untuk bersama dengan sih anak , dan pada akhirnya sih anak merasa " orang tuanya lebih mementingkan kepentingannya , dari pada kepentingan kita " meskipun sih anak tau bahwa orang tuanya sibuk pun untuk dirinya ..

dan perhatikan saja banyak anak yang tertutup dengan orang tuanya sendiri karna kesibukan orang tuanya ..
yang sebenarnya mereka ingin bercerita namun mereka pasti memiliki perasaan " kalau pun bercerita dengan orang tua , mereka juga tidak akan mengerti dan peduli "

dan akhirnya mereka lebih senang menutup diri dari orang tuanya , dan dia malah akan mau bercerita dan akan merasakan bahagia dengan orang lain , orang lain yang dekat dengannya ..

orang tua mungkin banyak mengira anaknya tidak ada masalah karna tidak penah menangis dihadapannya ..
tapi sebenarnya banyak diantara mereka yang menangis terus tanpa di ketahui oleh orang tuanya ..



sedikit bercerita :
dulu gue pernah menghadapi seorang anak yang mengalami kepribadian yang buruk ..
dia malas sekolah , nilai gak pernah dipikirin , banyak kasus , dan sepertinya dia hanya menganggap kesekolah hanya untuk mendapatkan kesenangan karna berkumpul dengan teman - temannya , karna di rumah dia merasakan kesepian karna kesibukan orang tuanya .

gue mengamati dia secara gak sengaja , gue melihat tingkah laku dia ..
gue merasakan dia sebenarnya adalah anak yang baik , dan perasaan gue itu kuat banget gak tau kenapa ..
yang akhirnya membuat gue jatuhnya penasaran kenapa sih anak ini bisa berubah menjadi anak yang gak baik ..

tanpa gue duga , sih anak malah mencoba untuk mendekati gue ..
mencoba untuk berteman dengan gue , so ?? gue sih welcome welcome ajah ..
sedikit demi sedikit gue mencoba buat bikin dia bisa cerita tentang kehidupannya ..

dan benar apa yang gue duga ..
dia pasti seperti ini karna pengaruh perasaan dia di keluarganya , dengan orang tuanya ..
orang tuanya sibuk sehingga tdk bisa mengawasi dan membimbing pribadi sih anak ..

orang yang sih anak sayang itu bisa membantunya berubah loh ..
karna kalian tau rasa cinta itu katanya sih dapat mengubah segalanya ..
gak tau juga deh tuh bener apa engga ..

temen gue cerita :
dia punya mantan , mantannya itu punya kepribadian yang kurang baik ..
dia terlalu dibebaskan oleh orang tuanya , dalam artian dia dibebaskan pulang kerumah kapan saja ..
katanya dia punya seorang kakak , dan kakaknya itu lebih disayang dan diperhatikan oleh orang tuanya ..

setelah mendengar ini gue langsung menyimpulkan , jelas saja kalo sih anak seperti ini ..
dia pasti sangat merasa kesepian dan merasakan kecemburuan kasih sayang di keluarganya ..
karna kasih sayang dari orang tuanya sama ..

tapi katanya setelah pacaran sama temen gue , dia bisa berubah ..
itu karna membantunya buat berubah dengan menasehati dan mengawasinya ..
#seakan jadi orang tuanya ..

masalah seperti ini udah sering gue perhatikan terhadap seorang anak yang menarik dan aneh buat gue ..
aneh dalam artian gue merasa sih anak adalah anak baik , tapi knp berlawanan dengan kepribadiannya ??

jujur gue sangat sayang banget sama anak - anak ..
dan gue antusias banget kalo membahas tentang kepribadian seorang anak ..

dan yang membuat gue tertarik untuk jadi psikolog yaitu setelah pertama kali itu gue memperhatikan kepribadian seorang anak itu ..
dan sampe sekarang pun masih tetep pengen jadi psikolog ..

intinya , kasih sayang , perhatian , dan pengawasan dari orang tua terhadap anaknya sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan mental , kepribadian anak ..
kelak jika kalian menjadi orang tua , meskipun sibuk tetaplah perhatikan perkembangan anak kalian ..
tunjukkan kasih sayang kalian , jangan biarkan sih anak merasakan kesepian ..
berikan waktu luang kalian untuk anak kalian kelak ..
ajaklah mereka untuk berdiskusi , buatlah mereka untuk bisa terbuka dengan kita sebagai orang tuanya  ..
dan sesibuk apa pun , sempatkanlah untuk menemani sih anak belajar ..
dengan begitu sih anak akan lebih semangat belajarnya , jadikan diri kita sahabat yang paling baik untuk sih anak ..

karna semua berawal dari keluarga , karna lebih banyak berada di dalam keluarga ..
berikan kasih sayang yang tulus untuk anak kalian kelak , karna mereka pasti akan bisa merasakan kasih sayang yang tulus itu ..

" anak adalah titipan Allah yang harus di jaga dan dibimbing " ..

okay sebenarnya masih banyak lagi ..
tapi mungkin lain waktu lagi deh yaa ..

ini gue tulis berdasarkan pengamatan , pengalaman , dan dari membaca - baca tentang kepribadian seorang anak ..

siippp bye - bye ..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar