のページ

about my blog ..

( MOSHIMOSHI ) もしもし ( IRASSHAIMASE ) いらっしゃいませ

Rabu, 25 Januari 2012

Ibuku adalah contoh untukku ..

Belajar dari sikap ibu yang banyak memberikan pelajaran positive ..

waktu dulu , gue pernah cerita sama ibu di sela - sela kita lagi asyik masak berdua ..
#so sweet deh ..

A : bu , kenapa ya lilis kok gak tegaan banget sama orang ?? misalnya temen minta jawaban , kalo lilis gak kasih lilis gak tega , kasian nanti dia ..
dan lilis juga kan gak bisa untuk bohong , jadi ngasih jawaban pasti jujur ..
B : sama , ibu juga gitu ..
ibu membahas tentang meminjamkan uang ( gak mau gue bahas yaaa , takut sombong nanti jatuhnya , jadi biar gue dan nyokap yang tau ) ..
gue langsung mikir ini , kenapa gue bisa samaan sama nyokap ..




akhirnya gue perhatikan nyokap , mulai dari ibu yang selalu menutupi air mata kesedihannya didepan anak - anaknya ..
ibu yang sabar banget , dan gue rasa dia tegar banget ..
gue gak penah liat ibu nangis ..

ibu selalu cerita tentang apa apa sama gue , gue ngerasain perasaan dia ..
gue ngerasain kesedihan yang sebenarnya dia rasain , tapi berusaha untuk di tutupinya ..
suatu hari gue dikamar ibu , dan ibu lagi cerita sama gue ..
saat itu gue merasakan ibu lagi sedih banget ..

karna gue tau mata itu gak pernah bisa bohong , mata selalu menunjukkan isi hati yang sebenarnya ..
akhirnya gue tatap mata ibu gue , dan benar gue melihat kesedihan itu ..
gue melihat ada air mata yang tertahan dimatanya ..
gue gak sanggup ngeliat itu , dan akhirnya gue gak menatap matanya lagi ..
setelah gue selesai mendengarkan ibu cerita , gue masuk kamar ..
dan malah gue yang ujan , karna teringat dengan mata ibu yang gue tatap tadi ..

dari situ gue melihat , kenapa sifat gue banyak banget yang mirip sama ibu ..
#jelaslah , gue kan anaknya ..
-,-

waktu gue lagi duduk berdua sama ibu , ibu pernah bilang gini :
" kalo sama suami itu kan harus nurut dek ..
kalo mau pergi kemana - mana harus dengan izin suami dulu ..
kalo suami gak mengizinkan , maka Allah gak akan ridho dek ..

dari sini ibu seakan secara gak langsung memberitahu gue gini :
"dek , kelak kalo kamu nanti jadi seorang istri , jadilah istri yang solehah ..
istri yang nurut sama suami dan selalu minta izin jika akan kemana - mana atau mau apa - apa ..

terus waktu itu nyokap pernah bahas tentang ini seseorang yang punya anak , tapi istrinya gak bisa ngurus , anaknya nangis malah dibiarin nangis sma kakaknya , anaknya lapar dia gak tau ..

I : ya allah , itu anak nangis mulu ..
laper atau apa tuh anak , mamahnya kemana coba ..
G : kasian yaa bu anaknya ..
dan terjadi perbincangan gue sama nyokap ..

yang gue ambil kesimpulannya :
nanti kalo kamu kelak jadi seorang ibu , jadilah seorang ibu yang menjadi contoh untuk anak - anaknya ..
jadilah seorang ibu yang mampu mengurus anaknya dan menyayangi anaknya dengan tulus ..
jadiah seorang ibu yang bisa mendidik anak - anaknya kelak ..
yang bisa menjaga anak - anaknya kelak , menerapkan ilmu agama dan mengajarkannya tentang islam ..
apa - apa yang dilarang dan apa - apa yang harus di taati ..
supaya gak terjerumus kepergulan yang gak benar ..

ibu emang gak pernah to the point kalo ngasih kesimpulan ..
gue seakan disuruh meringkas kesimpulan yang ibu ucapin , yang ibu nasehatin ke gue ..

tentang ibadah :
dulu gue solat abis salam lantas jalan ..
dan ibu langsung :
I : dek , kamu abis solat gak berdoa dulu ??
A : bedoa lah mam ..
I : engga dzikir ??
A : engga , lupa #alasan waktu kecil sambil senyum2 berharap nyokap gak akan menasehati panjang lebar ..
I : kalo abis solat tuh dzikir dulu , berdoa ..
jangan abis salam lantas jalan , itu namanya kamu sombong sama Allah ..
gak mau dzikir dan berdoa dulu ..
orang solat tuh yang khusyuk jangan buru - buru ..
A : gue diem ajah kalo nyokap udah menasehati gue gni ..
dan gue mikir , iya yaa memang kalo kayak gitu sombong yaa ??
dan gue mikir , bener juga yaa ?? gue dzikir dan berdoa abis solat sama gue nonton tv juga lamaan gue nonton tv ..
masa gue lebih mentingin nonton tv ??
mulai mikir kayak gitu dan gue pun mulai berubah ..

trus masalah ngaji ..
nyokap selalu mengingatkan anak - anaknya untuk mengaji setiap lepas magrib dan subuh ..
kata nyokap rumah yang sering di ngajiin itu akan terasa nyaman ..
dan gue pun masih inget kata guru ngaji gue dulu ..
bahwa Al-Qur'an yang sering kita baca dan kita amalkan , kelak akan menolong kita diakhirat ..
menjadi penerang kita dialam kubur ..

setiap nyokap gak denger suara ngaji anak -anaknya pasti nyokap selalu nanya " kamu gak ngaji ?? kenapa ??
kicep kalo udah dtanya gini , berani lo jawabnya lagi males bisa dinasehatin panjang lebar dah ..
alhasil senyam senyum ajah sambil bilang iya ngaji kok ..

Buat gue ibu adalah contoh banget buat gue ..
contoh ini gue lihat setelah ibu gak kerja lagi , karna saat itu gue baru bisa sharing dan memperhatiannya ..
meskipun sharingnya itu jarang banget ..
#cukup gak bisa d terusin ..

karna sudah malam , sekarang hampir set 2 ..
gue harus bobo ..

kelak ingin menjadi sepertinya yang mampu mendidik anak - anaknya ..

Love you mom ..
:**
wasalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar