のページ

about my blog ..

( MOSHIMOSHI ) もしもし ( IRASSHAIMASE ) いらっしゃいませ

Minggu, 09 Februari 2014

Virus Menulis ^_^

Seperti yang sering gue katakan , belajar menulis itu gak harus yang langsung " wah " yang bikin orang tergila - gila sama tulisan kita .
Tapi belajar menulis itu cukup dari hal - hal yang sederhana untuk dapat melahirkan kebiasaan menulis kita dan membuat kita tergila - gila untuk menulis dulu * membiasakan menulis ;)



Eeeiitttssss , tau gak sih ??
Kebiasaan membaca ternyata juga sangat berpengaruh sama tulisan kita loh -,-
hah ?? Gak suka baca ?? sama dong *tampar diri sendiri *
Gak suka baca bukan berarti gak mau mencoba untuk membiasakan diri membaca kan ??
Dalam Al-Qur'an pada surah pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw pun berbunyi " Iqra " yang artinya bacalah .



Membaca dari hal - hal yang membuat kita tertarik untuk membacanya ajah .
Eiitttsssss , tapi inget baca yang bisa memberi manfaat atau pelajaran yang bisa kita ambil dan simpulkan ;)
Dalam satu buku yang pernah gue baca ada sebuah kata yang klik menurut gue ..

" Menulis Untuk Hidup 
Hidup Untuk Menulis " .


Adalagi dari seorang motivator yang membuka jalan pikiran gue tentang menulis dan membaca

1 . Kang one , bisa dibilang kang one adalah guru besar di klub jurnalistik republika online ;)
yang membimbing gue dan temen - temen gue menulis , dan setiap tulisan selalu di evaluasi dan melahirkan pembelajaran baru buat gue dan temen - temen gue .
" Tulis semua yang mau di lakukkan , karna kalo cuma diingat , pasti ada yang kita lupakan " . Intinya suatu hal jangan cuma diingat tapi ditulis agar kita selalu ingat ;)



2 . Kalo engga salah inget waktu ikut try out terus datang pembicara dari seorang penulis buku 9 summer 10 autumns . Beliau mengatakan " menulis mengantarkan dirinya ke negeri eropa " . Beliau menceritakan masa kecilnya dan perjalanan hidupnya yang sampai menjadikan dia sukses ;)
Ya intinya kalo engga salah , beliau mengatakan biasakan menulis apapun , karna saat kita kuliah dan membuat skripsi cara menulis kita akan terlihat .



3. Om jay , beliau merupakan dosen mata kuliah " olimpisme " di kampus gue sewaktu semester 1 . Gue senang cara pengajaran beliau . Beliau setiap minggu memberi tugas kepada mahasiswanya untuk menuliskan setiap review materi kuliah di blog . Jadi , mahasiswa yang belum memiliki blog disuruh membuat blog *waw suka banget sama tipe pembelajaran beliau yang secara tidak langsung memberi arahan kepada mahasiswanya untuk membiasakan menulis .Om jay ini seorang penulis juga selain menjadi dosen . Om jay mengatakan " manfaatkan waktu kosong buat iseng - iseng nulis ajah , siapa tau terbit kepenerbit kan " ^_^



Ternyata kalo kita mau tulisan kita lebih berkembang , kita juga harus membiasakan menyeimbangkannya dengan membaca . Gue juga bukan termasuk orang yang rajin baca , tapi bukan berarti kita memelihara kemalasan membaca kita . Lambat laun kita " wajib " membiasakan diri kita rajin membaca .
Sebulan 1- 3 buku buat pemula seperti kita mungkin sudah cukup yaa ;)







Okee sekian ceritanya ..
Bye - bye  ..


Baby said " Aku ajah hobi menulis , masa kakak engga ^_^ "




Salam kece ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar