のページ

about my blog ..

( MOSHIMOSHI ) もしもし ( IRASSHAIMASE ) いらっしゃいませ

Senin, 20 Oktober 2014

Sebuah Keikhlasan ^_^

Ikhlas ..
Apa itu ikhlas ??
Apakah jika masih ada perasaan yang tak rela itu namanya ikhlas ??


Hhmm , I Think No !!

Dari sebuah sumber ada yang mengatakan bahwa Ikhlas menurut bahasa adalah tulus hati, membersihkan hati dan memurnikan niat. Sedangkan menurut istilah berarti mengerjakan amal ibadah dengan niat hanya kepada Allah untuk memperoleh ridha-Nya. Pengertian lain adalah mentauhidkan dan mengkhususkan Allah sebagai tujuan dalam berbuat taat kepada aturan-Nya.

Tapi bukan hal itu yang akan gue bahas dalam tulisan gue kali ini . Gue rasa kalau masalah ikhlas menurut pengertian atau bahkan menurut agama , para pembaca blog gue ini pasti jauh lebih cerdas dan lebih paham mengenai ilmu ikhlas ini ^_^



Yang akan gue bahas di sini adalah tentang " Pertanyakan ikhlas itu pada hatimu , bukan pada logikamu " . 


Mungkin sebagian akan memiliki pemikiran yang bertentangan dengan gue jika gue katakan " Jangan pertanyakan ikhlas itu pada logikamu " . Tapi semua orang berhak memiliki pendapatnya masing - masing . Semua orang memiliki pemikiran yang berbeda dan semua orang berhak mengetahui pendapat orang lain agar kita sama - sama bisa saling menghargai pendapat masing - masing kepala .


Kenapa gue membahas masalah " Pertanyakan ikhlas itu pada hatimu , bukan pada logikamu " ??
Dear , kenyamanan seseorang itu saja terletak pada hatinya . Kemudian , proses bagaimana dia harus mengkondisikan rasa nyamannya itu baru dikombinasikan oleh logika kita ( pemikiran kita ) .



Nah , sama halnya dengan ikhlas . Ikhlas itu bukan pemikiran kita yang berkata , tapi hati yang harus berkata terlebih dahulu . Berkata ikhlas itu memang sangat mudah . Keponakan gue yang berumur 5 tahun pun bisa berkata " aku ikhlas kaka " . Tapi lagi - lagi yang dipertanyakan adalah apakah dalam hati kecil kita , kita sudah benar - benar mengatakan ikhlas itu dari hati kecil kita ?? Tulus dan benar - benar ridhokah ?? Silahkan tanyakan pada hati kita masing - masing ^_^



Dear , skenario Allah itu tak pernah terduga - duga keindahannya .
Allah itu lebih mengetahui apa yang kita butuhkan , bukan hanya yang sekedar kita inginkan .
Kita memiliki rencana indah , tapi Allah pasti memiliki rencana yang jauh lebih indah .
Kuncinya hanya satu yaitu keyakinan ( kepercayaan kita ) .



Bukankah sangat sering kita mendengar pernyataan " Allah berkehendak atas prasangka kita kepada-Nya " ??
Huallahualam . Maka berprasangka baiklah . Patahkan 1 prasangka buruk yang berkeliaran dengan 1000 prasangka baik yang berkembang .


Ketika kita mengatakan " saya ikhlas atas (sesuatu ) " *isi sendiri yaaa ^_^ *
Tanyakan atau lebih tepatnya adalah yakinkan pada dirimu apakah hatimu benar - benar ikhlas atau masih ada sedikit hal yang mengganjal yang membuatmu merasa ikhlas gak ikhlas ??


Ikhlas itu berarti kita sudah bisa menerima apa yang telah terjadi . Apa yang telah terjadi itu sudah menjadi bagian dari skenario Allah . Tentunya setelah kita melakukkan suatu usaha semaksimal mungkin , berikhtiar .Percayalah , jika kita benar - benar ikhlas maka Allah akan gantikan dengan yang jauh lebih baik dan lebih indah . Allah itu Maha Mengetahui apa - apa yang ada pada hati manusia ;)


Secuil rasa tak ikhlas pada hatimu itu hanya akan membuat hatimu tersakiti . Loh kenapa tersakiti ?? Iyaappp , karna akan ada perasaan tak nyaman pada satu hal yang membuatmu tidak benar - benar ikhlas . Perasaan tak nyaman dalam hati kita itu pasti akan menimbulkan kegelisahan dan ketakutan . Right ?? ^_^ so , what you do ?? *thinknow ;)


Intinya adalah ketika hatimu benar - benar merasa ikhlas , maka ketenangan , kenyamanan dan pikiran positif pun akan tumbuh dalam hati dan pikiranmu . Ikhlas itu memang bukan hal mudah untuk dilakukan bahkan diterapkan . 


Namun kita bisa melatih ilmu ikhlas itu sejalan dalam kehidupan kita . Lagi - lagi " Berproses itu lebih baik dari pada kita merenung terdiam memandang waktu yang terus berputar tanpa adanya pemikiran untuk berubah " .


Okee sekian celotehan tengah malam hari ini .
Semoga kita bisa sama - sama belajar dari setiap apa yang kita baca ^_^
~ Bye - Bye ~

_ Salam Kece " Pelangi Setelah Hujan " _

1 komentar:

  1. Selamat siang Mba Lilis, kami dari Nyindir.com ingin mengajak Anda bergabung dengan kami sebagai Author/Penulis. Apakah Mba tertarik? mungkin untuk ngobrol-ngobrol mba bisa menghubungi email saya Nisaalfarizi@gmail.com. Terimakasih

    BalasHapus