のページ

about my blog ..

( MOSHIMOSHI ) もしもし ( IRASSHAIMASE ) いらっしゃいませ

Senin, 20 Agustus 2012

Gado bahasa , menarik ceritanya ;)

berapa lama gak nulis gue juga lupa -__-"
terakhir kali gue nulis yaa bikin puisi ..
kang one bilang " biasakan menulis setiap hari , apa ajah yang penting berupa tulisan " ..

kali ini gue mau nulis tentang pengalaman lucu dan menarik buat gue .
pengalaman tentang berbicara gado bahasa , nahlo bingung apaan tuh gado bahasa ??
*mikir ..


yaa gue sebut gado bahasa .
pengalaman tentang gado bahasa seperti dibawah ini :

1. papa gue orang jawa , disemarang tepatnya .
Otomatis kalo gue pulang kampung dan gue berada disana , orang sana pada ngomong bahasa jawa . Gue yang hanya bisa dikit - dikit bahasa jawa dengan logat jakarta yaa terlihat lucu .
gue biasa manggil kakak gue " aa " dan keponakan gue yg masih berumur 2 tahunan kira - kira  denger gue manggil kakak gue dengan sebutan " aa " dia ikut - ikut manggilnya jadi " aa " dan yang ada disana saat itu tertawa semua .
Gak cuma itu ajah , waktu gue masih kecil gue lagi dikampung papa tuh . Nah gue mau jajan nih ceritanya sama ibu . Sampe warung ibu bilang " tumbas ( yg artinya beli ) " tapi gue bingung saat itu artinya apa . Karna ibu ngomong " tumbas " gue bilang ajah sama penjualnya " tumbas beli " . Penjual dan ibu gue ketawa mendengar gue ngomong kayak gitu .

2 . waktu study tour ke yogyakarta .
temen gue bilang " kalo kita nawar pake bahasa jawa , bisa dimurahin loh " alhasil yg bisa bahasa jawa meskipun dikit - dikit disuruh nawar deh .
sebelum nawar gue nanya dulu sama ibu , bahasa jawanya 10rb - 50rb apaan . Pas udah tau gue mulai nawar dah tuh .
Lucunya lagi waktu nawar di tempat mas - mas penjual baju , gue disitu disuruh nawar lagi karna waktu nawar pertama berhasil karna logat jawa yang kebetawi2an ..
mas penjual baju ketawa2 denger gue ngomong , dan masnya bilang " mba org mana toh ?? kok ngomong bahasa jawanya lucu , medok2 org jakarta " masnya ketawa2 tuh , yaa gue sih ketawa2 juga deh ..
hhaa ..

3 . waktu tafakur alam , ada orang arab ngomong pake bahasa inggris sama gue .
gue ngerti artinya tapi gue bingung gimana ngomong sama dianya , alhasil gue pake bahasa inggris ala lilis .
untungnya orang itu mengerti sedikit , tapi karna dia ngerti dia nny lagi dan kali ini gue yang diem dan menyuruh salah satu yg bisa berbicara bahasa inggris menjelaskan ke dia , dan akhirnya salah satu dari kita jelasin dan orang itu mengerti *alhamdulillah .

4 . waktu gue beli sate padang , gue terbiasa kalo beli makanan padang selalu manggilnya " uda " atau " uni " nah gue beli sate padang ditempat langganan gue , yang jual beda bukan sih uda biasanya . Tapi gerobaknya sama . Gue tanya sama yang jual " yang jual beda yaa uni ?? "
Uninya jawab " sama , cuma yang biasanya lagi ada keponakan datang kesini , jadi digantikan ( bahasa indonesianya setelah gue melongo denger sih uni ngomong bahasa padang dengan logat minangnya yang ketal ) belum selesai , saat sih uda membungkus sate padang pesanan gue sedang sih uni sedang mengantar pesanan . Sih uda bilang " anakku lagi ada keponakan , jadi digantiin dulu ( ini juga udh di translate setelah sih uda berhasil membuat gue melongo juga karna sih uda ngomong pake bahasa padang sama gue dengan logat minangnya yang kental juga ).
karna temen deket gue kebanyakan orang padang yaa udah , dikit - dikit ngertilah . Soalnya kalo lagi iseng suka nanya2 gitu tentang bahasa padangnya ini itulah .

5 . gue di ajak ngomong pake bahasa sunda , mane gue ngerti ..
tapi sedikit - sedikit ngertilah . Soalnya dulu kan pernah deket sama orang sunda dan diajarin ngomong bahasa sunda tuh , jadi ngertilah dikit - dikit meski ngeraba - raba ngartiin bahasanya .

itulah pengalaman berbahasa gue , mungkin lain waktu akan ada yang ngajak gue bahkan ngajarin gue berbicara pake bahasa ambon , melayu , palembang , papua , atau bahasa daerah mana lag mungkin ..
;)
pengennya sih belajar bahasa melayu , entah kenapa tertarik ajah sejak dulu waktu SMP kls 1  .
kalo bisa pengen bisa semua bahasa ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar